(RANGKASBITUNG, 2 s.d 3 Mei 2019) Hakim Tinggi Pembinaan dan Pengawasaan daerah (Hatibinwasda) Pengadilan Tinggi Agama Banten untuk Pengadilan Agama Rangkasbitung dengan susunan rombongan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Banten yaitu Bapak Drs. Sutardi selaku Ketua Team dan Drs.H.Muslim SH. MH dengan Panitera Tinggi PTA Banten yaitu Bapak Mansyur Syah, SH dan Ibu Mila Novita, SE, Pada tanggal 2 Mei dan 3 Mei 2019 melakukan pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Agama Rangkasbitung, dan seperti biasa puncaknya di adakan ekspos hasil pengawasan dan pemeriksaan, Pada hari Jumat tanggal 03 Mei 2019 sekitar jam 13.30 WIB, seluruh hakim, pegawai pada Pengadilan Agama Rangkasbitung berkumpul di ruang Pertemuan Pengadilan Agama Rangkasbitung. Pertemuan ini dilaksanakan guna mendengarkan ekspos serta pengarahan dari tim Hatibinwasda PTA Banten.

Tim Pengawasan dan Pemeriksaan PTA Banten dan Plt. PA Rangkasbitung

Acara diawali Pembukaan oleh Plt. Siti Khadijah, S.H.I, dengan dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Ketua tim pengawas Drs. Sutardi dalam arahannya yang disampaikan oleh Hakim Tinggi Banten, beliau sangat bersyukur bahwa dari penilaian yang dilakukan oleh Team hasilnya cukup baik dengan catatan-catatan yang nanti akan diberikan kepada Plt. Ketua Pengadilan Agama Rangkasbitung dan selanjutnya agar ditindaklanjuti sekaligus diberikan kepada Ketua Pengadilan Agama Rangkasbitung yang sekarang sedang menjalani cuti, sekalipun ungkap beliau masih terdapat beberapa temuan yang harus segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait, agar dalam pengawasan dan pembinaan berikutnya tidak ada lagi temuan yang sama seperti temuan pada pengawasan kali ini, di samping itu selaku koordinator tim pengawas ia juga sangat menekankan adanya kontrol langsung dari Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Rangkasbitung terhadap tindak lanjut dari hasil evaluasi dan pengawasan ini, serta selalu menjaga kekompakan dalam pelaksanaan tugas.

Pemeriksaan Team PTA Banten

Usai sambutan dan pengarahan dari Ketua Team Pengawasan, acara dilanjutkan dengan ekspos hasil pengawasan yang diawali dengan ekspos hasil evaluasi bidang kepaniteraan yang disampaikan oleh Hakin Tinggi PTA Banten Bapak Drs. Sutardi, Bapak Drs.H.Muslim, S.H., M.H., dan Bapak Mansyur Syah, S.H., yang isinya mengenai bidang keuangan, kemudian pelayanan publik dan administrasi umum, terakhir bidang administrasi persidangan dan IT. kemudian hasil ekspos bidang kesekretariatan yang disampaikan oleh Ibu Mila Novita, S.E dan Pelaporan PTA Banten yang isinya mengenai bidang penyerapan anggaran, persuratan, kepegawaian dan kebersihan.

Team Hatibinwasda PTA Banten mengkspose hasil pemeriksaan

Acara ditutup dengan sambutan oleh Plt. Ketua Pengadilan Agama Rangkasbitung Siti Khadijah, S.H.I Dalam sambutan tersebut, Plt. Ketua PA Rangkasbitung menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rombongan Hatibinwasda Pengadilan Tinggi Agama Banten yang telah mengadakan pengawasan dan pembinaan serta evaluasi kinerja di Pengadilan Agama Rangkasbitung. Beliau berharap dengan adanya kegiatan seperti ini yakni dengan adanya evaluasi dan pembinaan ini akan dapat meningkatkan kualitas kinerja seluruh hakim dan pegawai di Pengadilan Agama Rangkasbitung sesuai dengan peraturan yang ada.

Beberapa hal yang menjadi bidang pemeriksaan Tim Monitoring dan Pengawasan PTA Banten tersebut ialah :


• Administrasi Perkara

• Administrasi Persidangan dan Pelaksanaan Putusan

• Kinerja Pelayanan Publik

• Kesekretariatan yang meliputi Umum, Keuangan dan Kepegawaian

Ketua Tim Pengawas PTA. Banten Menyerahkan Hasil Pengawasaan dan Pemeriksaan kepada Plt. Ketua PA Rangkasbitung

Dari hasil ekspos yang telah disampaikan, secara keseluruhan kinerja para hakim dan seluruh pegawai PA Rangkasbitung telah berjalan dengan semestinya. Meskipun masih terdapat temuan-temuan dalam Pengawasan ini dianggap tidak terlalu fatal, namun diharapkan kedepannya agar segera ditindaklanjuti dan benar-benar menjadi perhatian semua pihak yang terkait.

(Tim IT PA.Rangkasbitung)