Rangkasbitung | Kamis 17 Mei 2018, bertempat di Pengadilan Agama Rangkasbitung, dilaksanakan penilaian Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Oleh Tim Assesor Eksternal Badilag Mahkamah Agung RI.

       Penilaian yang dilaksanakan oleh Tim Assesor Eksternal Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama Mahkamah Agung RI berlangsung selama 3 (Tiga) Hari dengan agenda Pembukaan Penilaian SAPM, Penilaian, dan Penutupan Penilaian SAPM. Para assesor eksternal Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Peradilan Agama Mahkamah Agung RI yang bertugas untuk memeriksa dan menilai Pengadilan Agama Rangkasbitung adalah Ketua Tim Bapak H. Nursani., SH, MH, didampingi oleh tim assesor PTA Banten Bapak Rifki., SH, MH, Bapak Joko Wiranta., SH, MH, Bapak Ade Surawan., S.Kom, dan Ibu Ratna Fitriani., SH, MH.

       Proses penilaian dimulai dengan Acara Pembukaan Penilaian SAPM pada hari pertama bersama dengan seluruh pegawai Pengadilan Agama Rangkasbitung, kemudian dilanjutkan dengan penilaian tim top management, Kesekrtariatan dan Kepaniteraan, acara penilaian tersebut berlangsung sampai sore hari dan akan dilanjutkan pada hari berikutnya. Selanjutnya di hari kedua penilaian Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) masih dengan agenda penilaian tim top management, Kesekretariatan dan Kepaniteraan, acara ini berlangsung sampai sore hari. Dan acara terakhir atau acara pada hari ketiga adalah Penutupan Penilaian SAPM  bersama dengan seluruh pegawai Pengadilan Agama Rangkasbitung.

        Proses penilaian yang dilaksanakan oleh Tim Assesor Eksternal Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama Mahkamah Agung RI berjalan dengan sangat detil dan komprehensif yang dilakukan oleh tim penilai cukup membuat para pejabat struktural dan para staf di tiap bagian berjuang dengan cukup keras untuk dapat memenuhi permintaan dari tim penilai dan memberikan hasil yang maksimal. Tim assesor juga memeriksa dengan teliti setiap jengkal ruangan yang ada di Pengadilan Agama Rangkasbitung. Setelah memperoleh rangkuman hasil penilaian yang diungkapkan oleh Ketua Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI pada Acara Penutupan Penilaian SAPM, maka Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Rangkasbitung akan berjuang lebih keras lagi untuk memperbaiki dan melengkapi kekurangan yang ada dan temuan ketidaksesuaian Pada Pengadilan Agama Rangkasbitung akan diselesaikan.